´╗┐Berikut Ini Wisata Murah Di Jogjakarta Yang Bisa Anda Kunjungi


Yogyakarta yang memiliki julukan kota gudeg ini merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang berbentuk kerajaan. Sehingga tidak aneh kalau di kota ini memiliki sebuah keraton kerajaan. Keraton ini bukan hanya sekedar pajangan saja, namun sebagai pusat pemerintahan. Dalam hal ini, Kesultanan Yogyakarta memiliki wewenang untuk menyusun paket peraturan yang setara dengan undang-undang. Kota Jogjakarta ini dihuni oleh sekitar 3 juta jiwa, yang tersebar dalam 1 kotamadya dan 4 kabupaten. Kotamadya ini berada di Kota Jogjakarta. Di kota inilah tempat berdirinya Keraton Ngayogyakarta, keindahan, keramahan, dan kebudayaan yang mengakar, yang dirangkum dalam satu paket kota yang cantik. Selain itu, Kota Yogyakarta ini dikelilingi oleh 3 sungai, yakni sungai Gajah Wong, Code, dan Winongo. Dan satu paket kota terhampar di lembahnya. Itulah mengapa, pada masa penjajahan Belanda, dibangun saluran-saluran drainase, yang bertujuan supaya Kota Yogyakarta ini terhindar dari banjir.

Selain itu, Kota Yogyakarta juga memiliki paket sarana transfortasi yang cukup lengkap. Seperti angkutan kota, bus Trans Jogja, ojek, taksi, hingga becak. Bukan hanya itu, Jogjakarta juga menawarkan sarana transfortasi udara yang beroperasi di Bandara Adi Sucipto. Untuk angkutan luar kota, di Jogja juga disediakan transfortasi kereta api.

Jika anda datang dari arah bandara, anda bisa menggunakan bus Trans Jogja yang merupakan alat transfortasi termuarh disana. Bus Trans Jogja ini mulai beroperasi sekitar pukul 05.30 WIB. Ketika anda keluar dari bandara, anda bisa menunggunya bus ini di halte Trans Jogja terdekat. Harga tiketnya pun sangat murah, yakni sekitar Rp. 4.000 untuk sekali jalan.

Selain menggunakan bus Trans Jogja, anda juga bisa menggunakan kereta api Prambanan Expres menuju pusat kota. Kereta ini akan membawa anda ke Stasiun Tugu Yogyakarta yang berada di tengah-tengah kota. Harga satu paket perjalanan kereta api ini dibandrol dengan harga Rp. 3.000/orang.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan taksi sebagai transfortasi alternatifnya. Dalam hal ini, sebaiknya anda memilih taksi yang menggunakan argo. Pada umumnya, tarif normalnya sekitar Rp. 40.000- Rp. 50.000 untuk perjalanan dari bandara ke pusat kota. Dengan jarak tempuh kurang lebih 25 menit perjalanan jika melintasi Jalan Raya Solo. Atau supaya lebih nyaman, anda juga bisa sewa mobil Jogja yang disediakan disana atau melalui situs Misteraladin.com.

Selain memiliki sarana transfortasinya yang cukup lengkap, Yogyakarta juga merupakan kota dengan biaya hidup relatif murah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Misalnya, kalau di tempat lain harga gulai kambing mencapai Rp. 15.000, kalau di Jogja hanya sekitar Rp. 5.000. Ditambah dengan banyaknya hotel bintang 3 dengan tarif yang murah, sekitar Rp. 300.000/ malam. Di Kota Yoyakarta juga memiliki tempat wisata yang sangat beragam, baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, wisata pendidikan, dan lain-lain. Berikut beberapa tempat wisata menraik yang ada di Jogjakarta : 

1. Keraton Ngayogyakarta Hadininggrat

Perlu diketahui bahwa keraton ini bukan hanya sebagai pusat pemerintahan saja, namun juga sebagai tempat wisata budaya. Disana anda bisa melihat berbagai hal adat istiadat khas Jogjakarta. Keraton ini dibuka mulai pukul 09.00 pagi. Adapun harga tiketnya adalah Rp. 7.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp. 12.500 khusus wisatawan asing. Dan biaya tersebut hanya berlaku untuk melihat paket budaya serta adat di bagian depan keraton. Namun, jika anda ingin ke bagian keraton lainnya, anda diharuskan membeli tiket lagi.

2. Malioboro

Seperti yang sudah diketahui bahwa Malioboro ini merupakan pusat wisata belanja yang ada di Jogjakarta. Disana, terdapat berbagai macam kuliner, aksesoris, dan batik tradisional. Selain itu, disana juga anda bisa menyaksikan beberapa paket pertunjukkan seni di kawasan Malioboro secara gratis.

Selain itu, Jogjakarta juga merupakan kota sejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada masa penjajahan Belanda, kota ini pernah menjadi Ibukota Negara Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *