5 Alasan Millenial Tidak Menggunakan Kartu Kredit

Selama ini generasi millenial dikenal sangat irit untuk pengeluaran sehari-hari. Mereka biasanya mengeluarkan biaya tertentu dengan jumlah yang besar hanya untuk hal-hal penting bagi mereka seperti untuk traveling atau untuk memenuhi gaya hidup seperti membeli pakaian atau sepatu.

Hal tersebut bukan berarti mereka memiliki penghasilan yang cukup banyak melainkan kadang-kadang untuk bisa memanjakan diri seperti travelling dan memenuhi lifestyle, mereka butuh waktu untuk mengumpulkan sejumlah uang sehingga bisa memenuhinya tanpa harus mengandalkan utang.

Contoh alasan itulah yang nampaknya membuat generasi millenial masa kini tidak terlalu banyak mengandalkan kartu kredit untuk membiayai kehidupan mereka atau untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka. Berikut ini adalah beberapa alasan masuk akal mengapa generasi millenial tidak banyak yang menggunakan kartu kredit.

Belum Bisa Mengatur Keuangan dengan Baik

Salah satu alasan yang bisa diterima mengapa mereka belum bisa menggunakan kartu kredit karena rata-rata generasi millenial merasa belum mampu mengatur keuangan dengan baik sehingga ada ketakutan jika mereka menggunakan kartu kredit secara bebas mereka akan terjebak dengan lilitan utang.

Era sosial media saat ini membuat generasi millenial bisa mendapatkan cerita-cerita tentang orang lain yang kehidupannya hancur gara-gara kartu kredit karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik dan terlalu banyak menggunakan kartu kredit tanpa keputusan yang bijak.

Alasan itulah yang menjadikan generasi millenial takut memiliki kartu kredit karena merasa dirinya belum layak, sehingga cara terbaik agar tidak lepas kontrol adalah dengan menahan diri untuk tidak memiliki kredit sementara waktu meskipun mereka sudah memahami fungsi dan manfaat kartu kredit.

Belum Membutuhkan Kartu Kredit

Bagi generasi millenial yang jarang travelling ke luar negeri biasanya tidak terlalu banyak menggunakan kartu kredit. Apalagi jika mereka tidak terlalu biasa belanja melalui marketplace yang memiliki fitur pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Kebiasaan belanja generasi millenial saat ini berbeda dengan generasi sebelumnya karena saat ini generasi millenial mulai beralih berbelanja di toko online yang menjual beberapa barang tertentu lewat Instagram. Instagram menjadi marketplace yang mengasyikkan sekaligus media sosial yang saat ini paling banyak digunakan oleh generasi millenial.

Bukan tanpa alasan mereka memilih Instagram sebagai salah satu tempat untuk mencari barang-barang tertentu yang tidak bisa didapatkan melalui marketplace atau toko online lainnya. Sebelum membeli biasanya mereka meneliti dan juga melakukan riset terlebih dahulu untuk menghindari penipuan.

Paling mudah biasanya mereka mendapatkan rekomendasi dari teman sehingga tidak terlalu repot untuk soal keamanan transaksi karena saat ini toko online sudah menyadari pentingnya reputasi dan juga integritas ketika berjualan secara online.

Takut Berutang

Saat ini sudah cukup banyak generasi millenial yang menyadari betapa pentingnya kesuksesan finansial sejak dini. Ada anggapan bahwa sukses finansial adalah tidak memiliki utang sama sekali. Meskipun tidak sepenuhnya benar, karena utang produktif justru bisa digunakan untuk mengembangkan usaha yang sudah ada. Tapi, pemahaman ini belum terlalu banyak diketahui oleh generasi millenial yang memang cenderung menghindari utang.

Lebih Memilih Menabung

Salah satu yang patut dibanggakan generasi millenial saat ini adalah kebiasaan mereka ketika memiliki harapan untuk membeli sesuatu atau traveling ke salah satu destinasi impian, mereka akan dengan sabar menabung penghasilan mereka sedikit demi sedikit sehingga harapan mereka bisa terwujud.

Terpengaruh Cerita Didatangi Debt Collector

Generasi millenial adalah generasi yang paling up to date dengan berita viral di sosial media. Tidak jarang beberapa berita yang viral di sosial media berkaitan dengan debt collector yang menagih utang hingga sampai mengejar dan memberikan teror kepada orang-orang di sekelilingnya.

Cerita tersebut tentu saja yang berpengaruh terhadap keputusan generasi millenial untuk memiliki kartu kredit. Sebisa mungkin mereka menghindari untuk berhutang dengan menggunakan kartu kredit agar tidak mengalami kejadian yang serupa. Pasalnya bagi mereka cerita tersebut bisa menjadi aib seumur hidup yang sulit untuk dihapus jejaknya.

Namun demikian, bukan berarti generasi millenial  anti terhadap cicilan karena saat ini banyak alternatif pembiayaan yang bisa dimanfaatkan misalnya seperti kredit HP murah tanpa DP maupun tanpa syarat kartu kredit melalui Kredivo.
Jadi kau memberikan kemudahan bagi generasi millenial yang sudah berusia minimal 18 tahun dan memiliki penghasilan tetap setiap bulan dengan jumlah minimum Rp 3 juta untuk mengajukan kredit HP murah dengan tenor fleksibel mulai dari 3,6 sampai dengan 12 bulan dengan bunga ringan hanya 2,95% per bulan.
Dikenal sebagai generasi yang sangat irit dan selektif, generasi millenial tetap bisa mengajukan kredit HP murah melalui Kredivo yang juga bisa dijadikan salah satu alternatif ketika dalam kondisi terdesak misalnya saat handphone rusak atau kehilangan handphone. Untuk mendapatkan promo terbaru dari Kredivo, bisa cek info terbarunya di halaman berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *