Banyak Kemudahan Walaupun Awam di Awal

Mungkin pengalaman tes kemarin adalah pengalaman pertamaku menjalani tes dengan jenis ini. Tes ini berbeda dengan tes akademis yang lain. Ini menjadi kali pertama yang sangat memberikan kesan dan pengalaman untuk aku. Berikut beberapa informasi yang bisa aku bagi kepada teman-teman tentang tes yang baru saja aku jalani ini.

Tes tersebut adalah tes skolastik atau TPS atau Tes Potensi Skolastik. Awalnya aku juga merasa awam dengan tes ini, aku mencari tahu kesana-kesini tentang tes skolastik ini. Ternyata TPS ini adalah sebuah tes yang tidak berdasarkan pada silabus mata pelajaran tertentu melainkan lebih bermain pada nalar siswa baik logis atau pun analitis. Tes skolastik ini telah mengalami perkembangan, diantaranya adalah penggunaan bahasa inggris. Tes ini terdiri dari 3 subtes. Nah berikut beberapa rincian subtes apa aja itu :

  1. Subtes Verbal, nah kalo tes verbal ini adalah tes yang berhubungan verbal atau bahasa jadi seseorang di tes bagaimana caranya dia mengatasi masalah yang ada di diri dia jika masalah itu berhubungan dengan verbal atau bahasa misal sinonim, antonim atau analogi wacana
  2. Subtes Kuantitatif, jika verbal adalah bahasa maka kuantitatif ini adalah adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan angka atau matematis dasar dalam kehidupan, bagaimana kita menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka seperti Aljabar, deret aritmatika, atau geometri.
  3. Subtes penalaran, kalau ini adalah bagaimana memilih atau mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Hal ini juga bisa terdiri dari logis, diagram dan analitis.

Para pejuang SBMPTN, pasti tau bagaimana jenis soal tes skolastik ini. Tes skolastik ini akan digunakan untuk perguruan tinggi mengukur kualitas potensi mahasiswanya di samping pengetahuan akademik. Nah kalau tadi aku udh kasih beberapa penjelasan tentang apa itu tes skolastik, kali ini mungkin bagi aku yang sudah menjalani tes ini punya beberapa tips yang mungkin bisa teman-teman tiru untuk persiapannya nanti.

Mungkin memang sulit bagaimana cara mempersiapkan tes ini. Kalau akademik sudah bisa belajar dengan senior atau buku-buku yang banyak  di luaran sana. Karena mungkin soal materi SBMPTN bagian akademik sudah awam dan biasa diketahui banyak orang. Tapi aku menemukan salah satu aplikasi yang memang dapat memberikan kita beberapa referensi soal serta pembahasannya tentang tes skolastik ini. Aplikasi tersebut adaah Ruangguru.

Ruangguru memiliki satu produk yang banyak digemari siswa yaitu Ruangbelajar. Di dalam Ruangbelajar ini terdapat materi persiapan untuk tes skolastik ini. Materi yang diberikan sangat lengkap yang akan membantu bagaimana cara kita memahami dari soal ke soal. Yang tidak kalah penting adalah bagaimana Ruangbelajar menyediakan penjelasan atau soal yang diberikan tadi.

Penjelasan atas soal tadi membuat kita yang mengerjakan soal tersebut ingin terus mencoba lagi dan lagi soal yang lain, karena penjelasannya yang memang sangat rinci dan mudah dipahami. Bagi temen-temen yang sedang menghadapi persiapan SBMPTN bisa mempersiapkan materinya dengan menonton video materi atau mengerjakan soal-soal di Ruangbelajar di aplikasi Ruangguru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *