Resep Cara Membuat Rujak Cireng

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa cireng merupakan makanan khas Indonesia, lebih tepatnya lagi makanan khas Jawa Barat. Tak hanya orang Jawa Barat saja yang menyukai cireng, orang-orang luar Jawa Barat pun banyak yang menyukai makanan ini. teksturnya yang kenyal yang dibumbui dengan bumbu pedas, menjadikannya sebagai camilan terfavorit “hhmhhh bikin ketagihan deh”. Seiring berjalannya waktu, cireng pun mengalami perubahan dengan berbagai variasi kekinian, dimulai dari cireng bumbu, cireng isi, rujak cireng, dan sebagainya. Namun, tak sedikit dari kita yang ingin membuat cireng dengan tangan sendiri tanpa harus membeli. Nah berikut ini akan saya sampaikan resep cara membuat rujak cireng.

Bahan-bahan Cireng

– Tepung Aci (Tepung tapioka) 1 kg

– Garam ¼ sendok teh

– Air hangat 500 ml

– Tepung Terigu 200 g

– Minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan Bumbu Rujak

– 2 butir gula aren (gula merah)

– Cabe merah & hijau 10 buah (sesuai selera)

– 2 bungkus buah asem

– Garam secukupnya

– Air putih secukupnya

Cara Membuat Cireng

  1. Masukan tepung aci, tepung terigu, dan garam dalam satu wadah, kemudian ayak sebentar adonan tersebut agar saling bercampur.
  2. Setelah itu tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni, lakukan berulang-ulang sampai airnya habis, kemudian uleni lagi hingga kalis dan adonannya tidak lengket. Lalu diamkan adonan tersebut selama 10 menit.
  3. Setelah itu ambil adonan menjadi bagian kecil-kecil lalu bulatkan, kemudian lindas adonan tersebut menggunakan botol kaca agar adonannya gepeng.
  4. Panaskan minyak goreng, lalu gorenglah adonan cireng hingga mengembang , untuk menggorengnya disarankan menggunakan api kecil saja agar cirengnya tidak meledak.

Cara membuat Bumbu Rujak

  1. Masukan semua bahan kedalam satu ulekan.
  2. Kemudian tumbuk hingga halus agar tekstur bumbunya tidak kasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *